Home / NASIONAL / UMKM Binaan PLN Kebanjiran Order saat Gelaran KTT G20

UMKM Binaan PLN Kebanjiran Order saat Gelaran KTT G20

image_pdfimage_print

Tangerang Selatan, Detikperu.com- PT PLN (Persero) berhasil membawa usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) binaannya naik kelas. Dalam _event_ Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, produk suvenir UMKM binaan PLN diborong untuk menyukseskan _event_ penting ini. Minggu 20 November 2022.

UMKM binaan PLN Ninauka berhasil menghadirkan produk unggulan yang berkualitas tinggi. Produk tersebut pun terpilih untuk digunakan delegasi KTT G20.

“Kami mendapatkan pesanan sebanyak 202 buah _notebook clutch_ tenun baduy dan juga _lanyard_. _Clutch_ dan _lanyard_ ini digunakan oleh para delegasi G20 dalam salah satu rangkaian gelaran acara,” ungkap Pemilik UMKM Ninauka, Titik.

Titik menjelaskan sebelum mendapatkan pesanan suvenir, Ninauka harus mengikuti seleksi produk dan bersaing dengan UMKM lainnya. Menurutnya, produk Ninauka unggul karena desain produknya yang membawa keunikan tenun baduy sebagai bahan bakunya.

“Sebelumnya kami harus mengikuti seleksi dan menyesuaikan produk dengan standar permintaan dari instansi yang memesan. Produk yang kami tawarkan semuanya ramah lingkungan. Di mana _clutch_ terbuat dari tenun baduy dan diwarnai dengan pewarna alami, sedangkan _lanyard_ menggunakan tenun bahan baku alam dari baduy yang dipadukan dengan bahan kulit,” jelas Titik.

Titik mengaku senang karena adanya kegiatan KTT G20 ini. Sebab, ia ketiban berkah di mana omzet Ninauka naik hingga 10 kali lipat.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Banten Abdul Mukhlis, mengaku bangga karena ada UMKM binaan PLN turut mendukung KTT G20. Dia mengatakan, hal itu juga menunjukkan UMKM binaan PLN punya daya saing.

“Tentunya kami turut berbangga produk UMKM dari Ninauka bisa berkontribusi dan menjadi salah satu suvenir dalam acara G20. Itu artinya UMKM binaan ini telah memiliki daya saing yang baik sehingga hadir dalam _event_ internasional ini,” ujar Abdul Mukhlis.

Abdul Mukhlis menjelaskan bahwa PLN berkomitmen dalam pengembangan UMKM yang bertujuan meningkatkan produktivitas masyarakat.

“PLN UID Banten memberikan bantuan kepada UMKM berupa modal usaha, pembelian mesin produksi, dan sertifikasi HAKI. Tentunya dengan adanya bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pelaku UMKM sehingga dapat melebarkan pasar penjualan produk,” tutup Abdul Mukhlis.

Upaya yang dilakukan PLN ini merupakan komitmen perseroan terhadap prinsip _Environmental, Social and Governance_ (ESG) dalam menciptakan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.

*Narahubung*
Grahita Muhammad
Vice President Komunikasi Korporat PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

*Sekilas Tentang PLN*
_PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore._

Spread the love
https://www.lampungvisual.com/

About admin2020

Check Also

Jadi Grand Prize Gelegar Cuan PLN Mobile, Inilah Sederet Keuntungan Menggunakan Mobil Listrik

Jakarta, Detikperu.com- Puncak acara Gelegar Cuan PLN Mobile 2022 telah sukses menarik ribuan masyarakat untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *