Home / DAERAH / Tulang Bawang Barat / Pemkab Tulang Bawang Barat Melalui Dinas Kesehatan Deklarasikan ODF

Pemkab Tulang Bawang Barat Melalui Dinas Kesehatan Deklarasikan ODF

image_pdfimage_print

Tubaba: detikperu.com- Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat melalui Dinas Kesehatan lakukan Deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan (STOP BABS), melalui Zoom Meeting Virtual, yang berlangsung di ruang Rapat Aula Bupati setempat, Selasa 27 Oktober 2020 sekira pukul 10.00 Wib.

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Tubaba Umar Ahmad SP, yang di wakili Pj. Sekda Nopriwan Jaya, SP, Kepala Dinas Kesehatan yang diwakili oleh sekretaris Bpk. Kaisar, MH., Camat Tulang Bawang Tengah, Kepalo Tiyuh Pulung Kencana, Makarti dan Toto Wonodadi.

Bupati Tubaba Umar Ahmad, SP dalam sambutan nya yang diwakili Oleh Pj. Sekda Nopriwan Jaya, SP mengatakan, Atas nama Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), mengucapkan Selamat bergabung di Bumi Ragem Sai Mangi Wawai melalui Zoom Meeting Virtual ini kepada Bapak / Ibu dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia khususnya Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, semoga dengan bergabungnya di sini akan semakin meningkatkan semangat dan motivasi masyarakat khususnya di Tulang Bawang Barat untuk mensukseskan gerakan ODF / Stop Buang Air Besar Sembarangan secara berkelanjutan sesuai dengan Program Nasional Universal Acces dan SDGS 2030.

Lanjut Umar, salah satu isu terpenting dari Program Kementerian Kesehatan yang mencanangkan Universal Acces di Tahun 2020 yaitu 100 % acces sarana air bersih 0 kawasan permukiman kumuh 100 % sarana sanitasi layak yang dilanjutkan dengan Program Nasional SDGS (Sustainable Development Goals). STBM adalah suatu program intervensi yang menitik beratkan pada pencapaian kondisi sanitasi total berbasis masyarakat, melalui perubahan perilaku higienis, dengan melibatkan atau memberdayakan seluruh komponen masyarakat tanpa terkecuali.

Tujuan STBM adalah terwujudnya kondisi sanitasi total melalui pemberdayaan masyarakat, dimana seluruh komponen masyarakat mampu melaksanakan 5 pilar yaitu : Tidak buang air besar sembarangan (Stop Babs), Mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir (CTPS), Mengelola air minum dan makanan aman, Mengelola sampah rumah tangga dengan aman, Mengelola limbah cair rumah tangga dengan aman,” katanya.

Menurutnya, perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS) dapat mempengaruhi kejadian penyakit berbasis lingkungan diantaranya penyakit Diare, Thypoid dan lain-lain. Dengan Stop BABS dapat memutuskan rantai penularan penyakit. Dan dengan menerapkan pilar sanitasi total berbasis masyarakat dapat mewujudkan Kabupaten Tulang Bawang Barat menjadi kabupaten yang sehat,” ucapnya.

“Saya menyadari, bahwa mewujudkan Program Stop Buang Air Besar Sembarangan memang bukan sesuatu yang mudah untuk dilaksanakan apalagi di situasi dan kondisi pandemi Covid19 yang tengah melanda khususnya di Kabupaten Tubaba dan umumnya di dunia. Akan tetapi tidak menyurutkan semangat untuk bekerja dan berkarya, atas dukungan dari semua pihak termasuk masyarakat itu sendiri, program stop buang air besar sembarangan dapat terlaksana dengan baik di Tahun 2020. Hal ini sudah terbukti oleh 103 Tiyuh (Desa) di 9 Kecamatan Wilayah Kabupaten Tulang Bawang Barat yang akan mendeklarasikan Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBABS).

Kemudian itu, “Saya berharap kepada tiyuh-tiyuh yang sudah ODF dengan status Sanitasi layak berkelanjutan ke akses sanitasi aman, agar memanfaatkan Dana Desa (DD) yang salah satu Programnya jambanisasi sekaligus bersinergi dengan OPD terkait, PMD, PUPR, PKK, Camat, Kepala Tiyuh, Kader STBM dan semua pihak supaya berperan aktif agar terwujudnya penghargaan STBM Awards di 2021.

Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan, Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi setiap upaya kita dalam mewujudkan masyarakat Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) yang sehat. dengan membaca Bismillah Acara Deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBABS) secara resmi saya nyatakan dibuka. (Firmansyah)

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About sub admin

Check Also

Tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Tulang Bawang Tengah Gelar Operasi Yustisi

Tubaba: detikperu.com- Hingga saat ini kesadaran masyarakat dalam mentaati protokol kesehatan (Prokes) masih belum optimal, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *