Home / DAERAH / Tulang Bawang / Pastikan Pelayanan Berjalan Normal, Dinas Kesehatan Tulang Bawang Sidak Puskesmas

Pastikan Pelayanan Berjalan Normal, Dinas Kesehatan Tulang Bawang Sidak Puskesmas

image_pdfimage_print

Tulang Bawang: detikperu.com-

Jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tulang Bawang melakukan inspeksi mendadak (sidak), di sejumlah Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), yang ada di Kabupaten Tulang Bawang, Selasa (14/7/2020) pagi. Tujuannya adalah memastikan pelayanan di Puskesmas berjalan normal, di tengah pandemi Covid-19.

Kegiatan sidak itu dibagi dua tim, sidak dipimpin langsung oleh Kepala Diskes Tulang Bawang Fathoni dan Sekretaris Diskes Tulang Bawang Lasmini, sasaran sidaknya di Puskesmas Gedung Aji dan Paduan Rajawali.

Kadiskes Tulangbawang, Fathoni mengatakan, tujuan sidak adalah melakukan pemantauan langsung secara dadakan, melihat dan menyaksikan secara langsung aktivitas pelayanan kesehatan, di tengah situasi pandemi Covid-19 di Puskesmas.

“Ya, dinas kesehatan melakukan sidak ke Puskesmas. Kami ingin melihat dan mendengar langsung kondisi para tenaga kesehatan yang bertugas di Puskesmas. Saat ini apa yang dibutuhkan oleh petugas kesehatan. Apakah ada kendala atau tidak dalam pelayanan selama pandemi Covid-19 dan menuju New Normal,”ujarnya.

Bati, sapaan akrab Kadiskes Tulangbawang ini menerangkan Puskesmas adalah menjadi tempat dan tujuan dalam pelayanan kesehatan yang menjadi andalan masyarakat, dalam mendapatkan perawatan ataupun pengobatan.

Untuk itu, Bati meminta, ditengah Pandemi Covid-19 sekarang, protokol kesehatan harus benar benar dijalankan dengan benar dan konsisten, sesuai dengan arahan ketua tim gugus tugas Covid19 pusat.

“Protokol kesehatan harus selalu diterapkan secara konsisten oleh semua pihak. Terutama tenaga medis dan masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan di Puskesmas. Ini penting demi menjamin keselamatan semua pihak termasuk tenaga medis yang rentan terpapar virus corona,”paparnya.

Dalam agenda sidaknya itu, aktivitas pelayanan di Puskesmas berjalan normal. Sejumlah tenaga dokter dan perawat tetap standby. Beberapa pasien pun terlihat mengisi di beberapa ruangan rawat inap.

Selain sidak, Kadiskes Tulang Bawang, Fathoni, juga menyerahkan bantuan sejumlah Alat Pelindung Diri (APD) untuk Puskesmas. Bantuan APD itu berasal dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Tulang Bawang.

Kepala Puskesmas Paduan Rajawali, M.Wasil, mengatakan bahwa pelayanan kesehatan selama ini berjalan normal dan lancar seperti biasanya. Tak ada kendala ataupun hambatan dalam pelayanan kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Senada diungkapkan oleh Kepala Puskesmas Gedung Aji, Hj Meliana, mengatakan bahwa pelayanan kesehatan berjalan lancar dan normal, dalam pelayanannya mengedepankan protokol kesehatan.

“Memang agak sedikit memperketat prosedur dalam pemeriksaan pasien yang berobat. Setiap pasien, terlebih dahulu harus dilakukan pemeriksaan epidemiologi dan rapid test,”terang Wasil.

Dukungan APD dan ketersediaan rapid test di Puskesmas Paduan Rajawali dan Gedung Aji telah tercukupi. Tidak ada hambatan maupun kekurangan APD ataupun rapid test. Semuanya telah tercukupi.

Selain di Puskesmas Kecamatan Gedung Aji dan dan Meraksa Aji, Diskes Tulang Bawang juga melakukan monitoring ABK (adaptasi kebiasaan baru) di Puskesmas Gedung Meneng Kecamatan Gedung Meneng, Puskesmas Way Dente dan Pasiran Jaya Kecamatan Dente Teladas.

Dalam kegiatan tersebut, dipastikan bahwa semua Puskesmas sudah siap melaksanakan pelayanan kesehatan sesuai protokol kesehatan, dalam adaptasi kehidupan baru pencegahan Covid-19.

Kesiapan tersebut dibuktikan dengan telah disediakan sarana CTPS, yakni persediaan masker untuk pasien, alat termoscener untuk pengunjung puskesmas, SOP pelayanan dalam new normal, persediaan APD dan lain lain.

Penulis: Herli

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About sub admin

Check Also

Bupati Winarti Ikuti Kegiatan Arahan Presiden RI Secara Virtual

Tulang Bawang: Detikperu.com- Bupati Tulang Bawang (Tuba), Winarti didampingi Sekdakab, Anthoni bersama Forkopimda, Kakanwil Kemenag, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *