Home / DAERAH / Bandar Lampung / Ketua SMSI Lampung : Kampanyekan Lawan Covid-19 Dengan Suntik Vaksin

Ketua SMSI Lampung : Kampanyekan Lawan Covid-19 Dengan Suntik Vaksin

image_pdfimage_print

Bandar Lampung: Detikperu.com (SMSI)– Meningkatnya kasus Corona di Lampung membuat vaksin Covid-19 ramai diperbincangkan.

Ketua SMSI Lampung Donny Irawan juga menghimbau kepada masyarakat dan para Jurnalis yang tergabung di Serikat Media Siber Indonesia agar jangan ragu dan khawatir untuk periksakan diri, ikuti tata cara vaksinasi dengan benar karena cara virus ini ditularkan melalui tetesan (droplet) yang menyebar ke udara, ketika penderitanya batuk, bersin, atau berbicara. Senin, (28/06/2021).

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 4 manfaat vaksin Covid-19:

1. Menciptakan respons antibodi

Manfaat vaksin Covid-19 yang pertama adalah menciptakan respon antibodi untuk sistem kekebalan tubuh. Saat disuntik vaksin, sel B akan menempel pada permukaan virus Corona yang sudah dimatikan dan mencari fragmen yang cocok.

Sel T membantu mencocokkan fragmen dengan sel B. Jika ada yang cocok, sel B akan berkembang biak dan menghasilkan antibodi untuk kekebalan tubuh.

2. Mencegah terkena virus Covid-19

Manfaat vaksin COVID-19 lainnya adalah mencegah virus masuk ke dalam tubuh. Suntikan vaksin akan merangsang sel tubuh manusia, terutama sel B yang memproduksi imunoglobulin. Akibatnya, tubuh individu akan kebal pada SARS-CoV-2.

3. Menghentikan virus

Manfaat vaksin COVID-19 berikutnya adalah menghentikan virus menyebar ke seluruh tubuh. Vaksin akan merangsang imun tubuh yang dihasilkan oleh sel B dan menghentikan virus COVID-19 masuk ke dalam tubuh.

4. Melindungi orang-orang di sekitar kita

Jika kita menerima vaksin, otomatis tubuh akan terlindungi dari serangan virus COVID-19. Hal ini menjadi manfaat vaksin Covid-19 yang membantu mengurangi penyebaran Corona untuk melindungi orang-orang di sekitar.

Dalam unggahan Twitter Kemenkes RI April 2021 juga menjelaskan saat ini cakupan vaksinasi Covid-19 telah berhasil mencapai target 1,3 juta dosis per hari Menkes Budi Gunadi Sadikin menegaskan upaya maksimal terus dilakukan untuk mempercepat & memperluas vaksinasi, dengan memastikan distribusi lancar, sehingga ketersediaan vaksin di daerah mencukupi.

Jubir Pemerintah Covid-19 dr. Achmad Yurianto dalam Konferensi Pers di Gedung BNPB, Sabtu (25/4) juga mengatakan langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 adalah hindari kerumunan. Karena dalam kerumunan tersebut tidak diketahui siapa yang tertular Covid-19, apalagi tanpa gejala.

Donny Irawan juga menjelaskan pentingnya suntik vaksin tapi bukan berarti kita sudah terbebas dari virus melainkan tetap lanjutkan protokol kesehatan menghindari kerumunan juga harus diiringi dengan jaga jarak dengan orang lain, jika bisa dilakukan WFH, selalu memakai masker jika keluar rumah, dan rajin mencuci tangan pakai sabun.(rls)

Spread the love
https://www.lampungvisual.com/

About sub admin

Check Also

Babinsa Ari Setiawan Bersama Satgas Covid Kelurahan Imbau Warga Patuhi Prokes

Bandar Lampung, Detikperu.com— Dalam rangka mencegah penyebaran dan penularan Covid 19, Babinsa Koramil 410-03/TBU Kodim …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *