Home / DAERAH / Mesuji / Bupati H.Saply TH Secara Resmi Buka Musrenbang Tahun 2022

Bupati H.Saply TH Secara Resmi Buka Musrenbang Tahun 2022

image_pdfimage_print

Mesuji: Detikperu.com- Secara resmi Bupati H.Saply TH telah Membuka musyawarah Rencana pembangunan (musrenbang) Untuk rencana kerja pemerintah daerah tahun 2022 pada Selasa 10 februari 2021 di balai desa Brabasan Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Mesuji.

“Dalam sambutannya Bupati Mesuji H.Saply TH Menyampaikan agenda di acara Musrembang, “Saya katakan karena kegiatan ini adalah bagian dari proses perencanaan pembangunan”, daerah Kabupaten Mesuji untuk tahun anggaran yang akan datang. Agenda ini merupakan suatu proses penyaringan aspirasi masyarakat yang selanjutnya dijadikan sebagai bahan perencanaan pembangunan ditingkat kecamatan., Dengan demikian, diharapkan pembangunan di Kabupaten Mesuji akan benar-benar mencerminkan partisipasi masyarakat.” Ujarnya”.

Acara tersebut dihadiri Bupati Mesuji , Wakil Bupati Mesuji, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Mesuji, Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji, Asisten, Staf Ahli, dan Kepala Perangkat Daerah pada Lingkup Pemerintah Kabupaten Mesuji, Kepala Bappeda Kabupaten Mesuji; Camat Tanjung Raya, Danramil 426-01/Mesuji, Kapolsek Tanjung Raya, Kepala Desa dan BPD se-Kecamatan Tanjung Raya, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat.

Dalam rangka menjalankan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah, serta Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008.

“Perencanaan pembangunan tahun 2022 ini sesuai dengan tahapan pencapaian visi dan misi Kabupaten Mesuji dan menjawab isu strategis, dengan mengusung tema pembangunan: “Penguatan Infrastruktur dan Peningkatan Nilai Tambah Produk Unggulan, dalam rangka Pemulihan Ekonomi Daerah”, melalui lima prioritas pembangunan, yaitu:
1. Penguatan pemerataan infrastruktur daerah.
2. Pembangunan perekonomian daerah melalui pemberdayaan masyarakat yang bertumpu pada peningkatan produksi dan pengolahan pertanian, kewirausahaan, pariwisata serta jaring pengaman
sosial.

“Dari prioritas pembangunan tersebut akan dijabarkan ke dalam program dan kegiatan yang tertuang pada dokumen perencanaan sesuai bidang kewenangan dari masing-masing Perangkat Daerah yang berasal dari sumber dana APBN, APBD Provinsi maupun APBD Kabupaten.

Dengan terbitnya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan seluruh aturan turunannya akan menjadi bahan pertimbangan dalam penyusunan RKPD
Kabupaten Mesuji Tahun 2022.

Melalui kegiatan Musrenbang ini, saya harapkan melalui kegiatan Musrenbang ini mampu menjaring aspirasi masyarakat pada tingkat kecamatan yang akan menentukan arah kebijakan Pemerintah kedepan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat.” Ucap Wakil Bupati

Selain itu Kepala Dinas Tenaga dan Transmigrasi Najmul Fikri menyampaikan kinerja untuk tahun 2021 SDM yang berkaitan dengan ketenagakerjaan, Melatih dan Mencetak tenaga kerja baik tenaga kerja yang lebih baik. Semua itu ada tahapan dan harus melihat tupoksi agar pelaksanaanya teratur.

Najmul menyampaikan 3 program yang disampaikan dalam acara RKPD Yakni : Afirmasi desa melalui Hubungan industrial, bidang usaha, Hubungan perusahaan, Selain itu membuat bidang perencanaan dan pelatihan dan penempatan tenaga kerja dan Bidang transmigrasi di kabupaten Mesuji dari 105 desa ada 10 desa yang yang tidak menjadi bagian desa transmigrasi.” Jelasnya. (Mantoni )

Spread the love
https://www.lampungvisual.com/

About admin2020

Check Also

Bhabinkamtibmas Desa Margo Mulyo Datangi Rumah Warga Yang Belum Divaksin

Mesuji, Detikperu.com- Dalam penanganan Penyebaran Virus Covid-19 yang melanda Negeri ini, seluruh Instansi berjibaku, mulai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *